Ledy Nur Kharisma

Seorang pemimpi yang memiliki jiwa petualang dengan puluhan imajinasi di kepalanya dan pengalaman di kehidupannya untuk dibagikan kepada para pembaca meski baru berusia 30-an.

Ledy adalah seorang penerjemah bahasa Inggris yang sudah menerjemahkan puluhan drama Korea untuk KBS World Indonesia dan dokumen asing untuk salah satu perusahaan Korea di Indonesia dan sekarang sedang mengajarkan ilmu bahasa Inggris yang dimilikinya melalui akun instagram @kursus_kaled dan channel youtube Kaled Journal.

Sejak kecil, Kaled, biasa ia disapa oleh juniornya, senang membaca majalah Bobo dan Ensiklopedia Dunia. Keduanya membuat Kaled bermimpi untuk menjelajahi dunia, mempelajari budaya kota dan negara lain, serta berkenalan dengan penduduk bumi di seluruh dunia yang menarik minat Kaled untuk menguasai bahasa asing. Bahasa Belanda, Jerman, Korea, dan Jepang adalah bahasa asing yang ia kuasai di level dasar. Setidaknya untuk menyapa penduduk lokal dengan bahasa ibu mereka, begitulah pikir Kaled.

Berbekal modal nekat, persiapan yang matang, dan anggaran secukupnya,  Kaled telah menginjakkan kaki di puluhan negara di Eropa dan Asia. Berjalan kaki menyusuri ibu kota negara tujuan, mengunjungi tempat-tempat wisata, baik yang mainstream maupun yang jarang didatangi turis, berwisata ala penduduk lokal telah membuka mata Kaled akan keunikan masing-masing budaya dan daerah.

Selain itu, sebagai seorang pembelajar abadi, Kaled pernah menimba ilmu sebagai ahli biologi dengan beberapa penelitian di bidang fisiologi hewan, taksonomi tumbuhan, dan mikrobiologi lingkungan saat masih menjadi seorang mahasiswa di salah satu universitas ternama di Indonesia.

Kemudian, realitas kehidupan selepas lulus kuliah menjadikan Kaled seorang pemasar komunikasi eksternal untuk perusahaan Korea yang bergerak di bidang multimedia, yang terspesialiasi memperkenalkan promosi pariwisata Korea di Indonesia, sehingga pada akhirnya membuat ia tertarik untuk mengambil Master di bidang komunikasi.

Keinginan mengembangkan diri menjadi seorang yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitarnya membuat Kaled memperdalam ilmu psikologi. Setelah merasakan manfaat positif dari hipnoterapi, Kaled bergabung dengan Prahipti, organisasi hipnoterapis, dan mendedikasikan waktunya untuk membantu mereka yang bermasalah dengan pikiran alam bawah sadar mereka.

Dan pada tahun 2020, Kaled diberi kesempatan untuk bertemu dengan komunitas SIMD (Sebelum Idemu Menjadi Debu), komunitas yang membantu Kaled menyalurkan keinginan menulisnya yang tertahan sejak dulu. Puluhan imajinasi dan pengalaman yang Kaled miliki akan sayang apabila hanya disimpan sendiri atau dibagikan kepada orang terdekat saja. Oleh karena itu, Kaled bercita⁻cita untuk menghasilkan ribuan buku yang dipersembahkan untuk bumi pertiwi, sehingga kelak para pembaca mendapatkan paling tidak satu manfaat dari tulisan Kaled. Kaled telah menghasilkan 3 buku antologi dan 1 buku solo dan sedang bertekad menghasilkan minimal satu cerpen satu bulan. Koleksi buku Kaled disimpan dalam akun @kaledjournal.

{

“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri.”.

 J.K. Rowling

MASTERPIECE

Hasil Karya

Berikut buku-buku hasil karya Ledy Nur Kharisma :

Hubungi Kami

4 + 9 =